Kamis, 10 November 2016

PANITERA DAN SEKRETARIS SINERGI BAHAS KINERJA




Disela-sela kesibukan melaksanakan tugas rutin, H. A. Yakin Karim, S.H,M.H. selaku Panitera dan Arief Hidayat selaku Sekretaris mengadakan pertemuan bersama dengan para pejabat kepaniteraan dan pejabat kesekretariatan di ruang rapat Pengadilan Tinggi Agama Bandarlampung (kamis, 10 November 2016).
Pertemuan membahas hal-hal yang berkaitan dengan tugas-tugas rutin yang dilaksanakan baik pengelolaan administrasi kepaniteraan maupun administrasi kesekretariatan. H. A. Yakin Karim menekankan pentingnya kompetensi dalam pelaksanaan tugas yang pada akhirnya masing-masing pejabat memahami tugasnya dengan baik, dimulai dari  reviu Standar Operasional Prosedur (SOP),karena dengan SOP ini lah sebagai panduan kita bekerja. H. A.Yakin Karim menegaskan bahwa kondisi saat ini menuntut kecepatan dan ketepatan dalam bekerja, sehingga jika kita semua beriringan dan bersama-sama tidak ada pekerjaan yang sulit semuanya pasti bisa dicarikan penyelesaiannya.

Selanjutnya Arief Hidayat menyampaikan bahwa selain  mereviu SOP yang lebih penting lagi adalah komitmen untuk bekerja sungguh-sungguh dalam rangka mencapai kondisi yang diharapkan yaitu tercapainya target-target kinerja yang telah dibuat, maka pemanfaatan teknologi informasi menjadi penting sehingga tugas-tugas yang dilaksanakan menjadi ringan. Softwere Teknologi Informasi yang tersedia tinggal dioptimalkan penggunaannya sepeti : e-persuratan, Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), Komunikasi Data Nasional (Komdanas), Sistem Informasi Mahkmah Agung RI (SiMARI), itulah tools yang tersedia untuk membantu tugas-tugas yang kita laksanakan sambil melaksanakan praktek penggunaannya, tambahnya.

Pertemuan yang dilakukan selama sekitar tiga jam ini Para pejabat kepaniteraan (Panitera Muda Hukum dan Panitera Muda Banding) dan Pejabat Kesekretariatan (Kabag Umum dan Keuangan beserta kasubagnya, Kabag Perencanaan dan Kepegawaian beserta Kasubagnya) menghasilkan hal-hal penting, yaitu :
  • Mereviu SOP disesuaikan dengan kondisi saat ini sebagai pedoman kerja
  • Mempersiapkan bahan-bahan Laporan Tahunan dan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LkjIP)
  • Memperdalam penggunaan teknlogi Informasi bagi Para Pejabat di Pengadilan Tinggi Agama Bandarlampung.
Menurut seluruh pejabat sturktural kesekretariatan dan kepaniteraan, agar pertemuan seperti ini rutin dilakukan sebagai bahan evaluasi dan peningkatan kinerja pada masing-masing bagian. (ahid).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar